KOM ( KEHIDUPAN ORIENTASI MELAYANI )


Kehidupan Orientasi Melayani atau KOM adalah sebuah program pengajaran firman Tuhan Departemen Pengajaran GBI Malahayati Bandar Lampung yang berada dibawah pembinaan Divisi Pengajaran GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Pengajaran KOM ini diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2005 untuk menggantikan pola pengajaran lama yaitu SOM (Sekolah Orientasi Melayani) Reguler dan SOM Lanjutan yang telah digunakan selama 17 tahun sebelumnya.

Dalam program KOM, jemaat diajar mengenai dasar-dasar penting dari doktrin Kekristenan mulai dari soal dosa, keselamatan, iman, sampai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Program KOM tidak saja mengajarkan doktrin tetapi juga bagaimana mengaplikasikan pengajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bagaimana medidik anak, bagaimana mengelola keuangan, bagaimana memulai pelayanan dan hal-hal praktikal lainnya.

Kepala Divisi Pengajaran GBI Gatot Subroto, Pdt Dr Danny Tumiwa, SH, menyebutkan ada dua alasan dasar mengenai konsep KOM, yaitu:

  • Membawa jemaat yang pasif menjadi aktif, yang artinya jemaat di manapun mereka berada, sedang dan akan terus dibawa Tuhan untuk terlibat aktif dalam menuai jiwa-jiwa baru di sekitarnya
  • Memberi makna pengajaran kehidupan yang praktikal agar dapat memenuhi kebutuhan jemaat di dunia kerja (work place) yang sedang bertumbuh hari-hari ini.

VISI
"Mempersiapkan Umat yang Layak"

MOTO
Discipleship Movement, Gerakan pemuridan sesuai dengan Amanat Agung Tuhan Yesus (Mat 28:19)

Kelas KOM
Berdasarkan konsep awal dari KOM ini, maka diluncurkan seri pengajaran KOM yang diberi nama oleh Pdt Danny Tumiwa sesuai dengan tujuan pengajarannya sebagai berikut:

  1. Seri 100 : KOM Pencari Tuhan.
    Memperlengkapi jemaat untuk mengerti dasar-dasar Kekristenan, kehidupan Kristen yang bertumbuh, mengenal Allah dan Kehidupan yang bertumbuh.
  2. Seri 200 : KOM Pelayan Tuhan.
    Mempersiapkan pelayan Tuhan yang berkarakter Kristus dan menjadikan jemaat yang pasif menjadi aktif sehingga terlibat dalam pelayanan.
  3. Seri 300 : KOM Prajurit Tuhan.
    Menjadikan para pelayan Tuhan bukan hanya aktif di dalam menopang kegiatan rutin gereja lokal masing-masing, tetapi dapat meluaskan pekerjaan Tuhan ke daerah-daerah baru dengan melakukan terobosan-terobosan secara rohani, dan yang nantinya pasti akan diikuti dengan terobosan-terobosan secara jasmani.

Info KOM, dapat menghubungi:
Bpk. Ochan Susanto
Telp. 0811 720 8311